Guest Lecture by Budi Raharjo Kreatifitas & Inovasi dalam Bisnis Digital

Untuk yang kedua kalinya, kuliah Creativity dan Innovation ini diajar oleh dosen tamu 😀 . Dosen tamu yang datang di pertemuan minggu kemarin bernama Budi Raharjo. Beliau adalah seorang wirausaha di bidang digital dan juga dosen Teknik Elektro ITB.

Saat ini, beliau adalah wirausaha dari perusahaan bernama Indocisc Network Security. Beliau  sudah banyak berkecimpung di bidang digital. Yang paling dibanggakan beliau adalah beliau bekerja sebagai seorang hacker. Eits, tapi bukan hacker yang jahat. Beliau beserta para pegawainya bekerja sebagai hacker untuk mengetahui tindakan-tindakan yang jahat. Contohnya, ketika beliau pernah disewa oleh sebuah bank untuk meng-hack computer salah satu pegawai di bank tersebut. Ternyata, setelah di-hack, pegawai bank tersebut ternyata telah ‘menyedot’ uang milik nasabah alias korupsi. Nah, itu dia sekilas tentang background  dari Pak Budi Raharjo ini.

Karena memang bergerak di bidang digital, Pak Budi Raharjo mengajarkan kepada kami tentang bagaimana berkreasi dan berinovasi dalam dunia digital.

Di zaman yang sudah semakin maju ini, teknologi pun beralih dari model analog ke model digital. Menurut beliau, kedua  model ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk model analog, kelebihannya yaitu kualitasnya lebih baik daripada digital, namun kekurangannya yaitu kondisi fisik dari model ini mudah rusak. Sedangkan untuk model digital, kelebihannya yaitu dapat direproduksi sesuai kualitas aslinya.

Selain membandingkan antara teknologi model analog dan digital, beliau juga menyampaikan tentang perangkat teknologi di zaman sekarang. Seperti yang beliau sampaikan, perangkat teknologi di zaman sekarang menjadi lebih kecil bentuknya, lebih cepat prosesnya, dan harganya pun menjadi lebih murah.

old computer

ipad, the new version

Selain bekerja sebagai wirausahawan, Pak Budi Raharjo juga aktif dalam menulis blog. Beliau memiliki blog yang memang menjadi tempat untuk menulis isi pikiran dan keseharian beliau. Beliau mengakui bahwa blog ‘dapat’ memaksa kita untuk menciptakan ide-ide kreatif.

“Pekerjaan sebaiknya dimulai dari hati”

“Don’t work for the rest of your life, but play for the rest of your life”

Maksud dari kalimat-kalimat beliau diatas adalah kita sebaiknya mencari pekerjaan yang benar-benar kita sukai atau senangi. Ketika kita memiliki pekerjaan tersebut, kita akan merasa enjoy dengan pekerjaan tersebut.

Terakhir, beliau memaparkan tentang masalah di bidang kreatifitas. Menurut beliau, terkadang orang-orang kreatif pun bisa menjadi stress. Ketika seseorang yang berada di lingkungan penuh dengan kreatifitas, ketika ia tidak kreatif, orang tersebut bisa menjadi depresi.

Hal yang paling dapat saya pelajari dari beliau adalah beliau sangat menikmati pekerjaannya, dan selalu dengan senang hati untuk melakukan pekerjaannya tersebut. Kedua, adalah sikap optimisme dari beliau.

Nah, sekian dulu sharing saya tentang kuliah tamu bersama Pak Budi Raharjo. Semoga bermanfaat bagi para pembaca J

 

See you soon!!

 

Gayatri Cahya Pertiwi

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s