Negara Kreatif dan Inovatif, Negara Sakura

Kreatif dan Inovatif itu sesuatu yang relatif dan tiap-tiap orang punya penilaiannya masing-masing. Tapi, kalau menilai negara yang paling kreatif dan inovatif, saya memilih Jepang yang dijuluki sebagai negara bunga sakura itu :).

Ga usah jauh-jauh, semua orang pasti sudah pernah menonton serial kartun Doraemon si robot kucing yang datang dari abad 22 dan punya alat-alat ajaib yang canggih. Bagi saya, mungkin pengarang komik Doraemon adalah pengarang komik paling kreatif. Fujiko Fujio berani untuk menciptakan khayalan alat-alat teknologi canggih di komiknya seperti baling-baling bambu, pintu kemana saja, alat pengendali cuaca, dll. Padahal, komik Doraemon baru dibuat pada tahun 1969. Dimana teknologi belum secanggih sekarang.

Anyway, banyak hasil kreatifitas dari negara ini yang menjadi tren global, mostly among the young generation. Sekali inget Jepang, yang pertama nyangkut di ingatan saya adalah di bidang teknologinya. Coba dilihat sekeliling kita, terutama ke benda-benda yang “berbau” mesin, seperti mobil, motor, sampai ke alat printer yang kita pakai sehari-hari, lumayan banyak yang merupakan brand-brand dari Jepang, kan?

ASIMO

ASIMO dari masa ke masa

ASIMO adalah salah satu robot ciptaan  perusahaan Honda. ASIMO adalah kepanjangan dari “Advance Step in MObility”. Honda telah meluncurkan ASIMO versi ke-11, sejak proyek ini dimulai pada tahun 1986.

Layaknya manusia, robot ini juga memiliki sendi-sendi, sebanyak 34 pada versi 2005. Robot ini mampu untuk berjalan, mengenal suara, mendeteksi pergerakan, sampai pengenalan wajah,  sampai bermain bola. Kabar terakhirnya, ASIMO sudah bisa dikendalikan dengan hanya menggunakan pikiran saja lho!

soccer player
ASIMO pun juga bisa bermain dengan anak-anak

Selain teknologi robot yang canggih, Jepang juga berani untuk menciptakan desain-desain yang sangat unik :D. Mereka berani untuk mengambil hal-hal yang tidak biasa untuk diadaptasikan di lingkungan sendiri.

Upside Down Bulding
Creative Bookcase Bedroom

Nah kalau buat anak-anak di Jepang, pasti seneng banget kalau dibawain bekal sama mamanya. Dari suatu web yang saya baca, tertulis kalau ibu-ibu di Jepang itu suka buat bekal yang dihias lucu supaya anak-anaknya ga males makan bekalnya. Nama makanannya itu Bento, yaitu nasi dengan lauk pauk dan dikemas dalam kotak. Ibu-ibu di Jepang suka untuk menghias Bento dengan macam-macam bentuk, kaya gambar-gambar dibawah ini..

Bento panda super lucu
Ready to eat, miaw!
YUMMMMMMYY 🙂

-o-

Penduduk Jepang mulai dari generasi senior sampai junior, tidak terbatas dari ilmu pengetahuan yang dimiliki, mereka semua memiliki caranya masing-masing untuk mewujudkan kreatifitas mereka. Ditambah lagi, mereka tidak usah malu-malu atau canggung untuk mewujudkannya, karena penduduk Jepang terbiasa dengan ciptaan-ciptaan yang kreatif dan inovatifnya.

Pelajaran yang bisa diambil dari kreatifitas negara Jepang adalah jangan menunda-nunda untuk menunjukkan kreatifitas kita selagi ide kreatifitas kita tersebut masih fresh, karena siapa tahu ide kita menyimpan banyak keberuntungan di dalamnya.

Thanks for reading my post, hope it’ll bring you an inspiration 🙂

Gayatri Cahya Pertiwi

Advertisements
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s