Penemuan Terinovatif :)

Di postingan kali ini, saya ditantang oleh dosen saya untuk sharing tentang PENEMUAN TERINOVATIF  menurut pandangan saya..Nahh, kalau menurut saya sih, yang cocok buat predikat yang itu, ini jagonya…

TADAAA!

Blackberry Messenger

Penduduk Indonesia mana yang gak tau tentang teknologi ini?? Eh ada deng, masyarakat pedalaman :p, tapiii udah banyak banget penduduk Indonesia yang menggunakan  penemuan teknologi ini untuk komunikasi sehari-hari. Mulai dari anak SD (anak TK juga udah ada kalo ga salah) sampai kakek-nenek penduduk Indonesia udah jadi pengguna setia dari Blackberry Messenger.

Mengapa saya memilih BBM sebagai penemuan paling INOVATIF? Pertama-tama karena BBM ini adalah tingkat efesiensi komunikasi yang ditawarkan. Kalau jaman saya SMA dulu, sebelum ada teknologi BBM, yang bisa kita gunakan untuk komunikasi instan adalah live chat messenger, seperti eBuddy. Tapi, dibanding dengan BBM, eBuddy ini lebih banyak memakan pulsa dan harus sign-in dulu baru bisa chat, dan lagi belum tentu orang yang mau kita ajak chat bisa online juga disaat yang bersamaan..Kalau dengan BBM, kita bisa berkomunikasi langsung dan tentunya lebih hemat pulsa, hehe. Dan lagi, kita juga bisa berkomunikasi dengan lebih dari satu orang dengan menggunakan fasilitas Group BBM. Kalau untuk bahas tentang tugas kelompok, waktu rapat, paling enak kalau menggunakan fasilitas ini.

Alasan kedua saya memilih BBM, adalah karena BBM ini komplit buat dijadiin sarana komunikasi. Menampung mulai dari chatting, kirim gambar, lagu, sampai voice note. Semua informasi yang mau kita bagi ke orang lain, cukup dengan menggunakan BBM. Kita juga ga usah perlu deket-deketin HP kita dengan HP orang lain untuk kirim file, seperti kalau kita menggunakan teknologi Bluetooth. Dan lagi-lagi, lebih hemat pulsa. Misalkan sampai sekarang kita cuma tahu yang namanya Multimedia Messaging (MMS), sekali kirim MMS bisa habis sampai Rp 1000 untuk sekali kirim, dan kuota nya juga belum sebesar kapasitas BBM.  Komplit dalam arti menurut saya adalah ketika barang tersebut sudah bisa menggabungkan fungsi-fungsi barang yang lain dalam satu barang. Apalagi kalau fungsi yang ditawarkan menawarkan performa yang lebih bagus, seperti teknologi BBM ini.

Anyway, saya percaya kalau teknologi pasti memiliki sisi baik dan sisi buruknya. Sisi baik dari BBM ini ya itu tadi, kemudahan dan kelengkapan berkomunikasi. Kalau dari sisi buruknya, menurut pengalaman saya sebelum menjadi pengguna BBM, terkadang (kadang-kadang aja lho) teman saya yang menggunakan BBM terkadang lebih suka untuk berkomunikasi dengan temannya lewat BBM daripada dengan saya yang live ada di dekatnya. Teman-teman pembaca yang budiman, jangan tiru perilaku ini yah, kecuali kalau memang menyangkut urusan yang penting. Kalau hanya untuk sekedar gosip lewat BBM, lebih enak kalau dengan teman yang live ada di dekat kita, kan? Bergosip pun bisa jadi lebih menggebu-gebu, hehehe..

Apapun teknologi yang sudah masuk ke jaman kita sekarang ini, sebaiknya bisa digunakan dengan bijaksana. Menurut saya, teknologi-teknologi yang ada pasti akan lebih terasa kalau kita bisa memanfaatkannya sebaik-baik dan semaksimal mungkin J

Sudah siap untuk menghadapi penemuan-penemuan inovatif berikutnya?

Ready, Get Set, GO!!!!

Advertisements
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s