Business Model Vol.2 – Google Goggles!

Kalau di business model sebelumnya membahas tentang stasiun TV kuliner, sekarang saya akan membuat sebuah business model dari produk Google, bernama Google Goggles.

Untuk yang belum tahu, Google Goggles adalah sebuah search engine namun khusus untuk mendeteksi gambar yang ada. Jadi, misalkan kita punya sebuah gambar benda, tapi tidak tahu apapun mengenai benda tersebut. Nah, dengan Google Goggles, kita bisa mengetahui apa nama benda tersebut, darimana asalnya, dan informasi-informasi lainnya. Ketika kita mengupload gambar benda tersebut, Google Goggles akan mendeteksi dan akan muncul informasi-informasi yang berkailtan dalam hitungan detik, sama seperti saat kita menggunakan Google web.

Untuk Google Goggles, inilah business model hasil kreasi saya :

  • Key Partner

Google Goggles yang memiliki fungsi utama sebagai mesin pencari informasi tentu membutuhkan Wikipedia sebagai link untuk menyediakan informasi yang akurat.Google Goggles juga membutuhkan hak paten dari produknya, dan dapat menggunakan jasa dari Right Management Company. Untuk menjaga alur distribusi informasi yang baik, Google Goggles juga membutuhkan jasa pembuat sistem informasi.

  • Key Activities

Aktivitas-aktivitas bisnis yang dijalankan sendiri terdiri dari mendeteksi gambar-gambar yang masuk dan juga mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang gambar tersebut. Informasi yang didapat haruslah sesuai dan akurat.

  • Key Resources

Sumber daya utama yang dibutuhkan oleh Google Goggles ini adalah tim kreatif yang mampu mengemas tampilan Google Goggles menjadi menarik dan juga membutuhkan Tim IT yang handal untuk membuat alat pendeteksi yang baik serta untuk mencari informasi yang akurat pula.

  • Offer

Produk pertama yang ditawarkan oleh Google Goggles informasi tentang gambar-gambar yang diunduh oleh pengguna Google Goggles itu sendiri. Selain memberikan informasi, Google Goggles juga bisa digunakan sebagai pendeteksi alamat dari gambar yang diunduh. Google Goggles juga dapat menyediakan ruang iklan untuk  para pebisnis yag membutuhkan promosi dengan peluang yang tinggi.

  • Customer Relationship

Untuk menjaga hubungan dengan para pengguna Google Goggles, Google Goggles dapat membuat sistem pembuat akun untuk masing-masing pengguna. Selain itu ,email yang digunakan untuk membuat akun tersebut dapat digunakan untuk mengirimkan notifikasi dan update dari Google Goggles.

  • Channels

Ada banyak cara untuk mempromosiakan Google Goggles, diantaranya adalah dengan memasang icon Google Goggles di browser (mozilla, internet explorer), memasang iklan di media cetak yang berhubungan dengan teknologi, launching, memasang iklan di TV, dan menjual aplikasi Google Goggles di gadget-gadget seperti tablet maupun smartphone.

  • Customer Segment

Target pasar yang dituju oleh Google Goggles adalah : para pengguna internet yang membutuhkan informasi yang cepat dan fleksible dengan menggunakan gambar.

  • Cost Structure

Biaya-biaya yang dibutuhkan dalam mengoperasikan Google Goggles adalah : gaji pegawai, biaya operasional, biaya pemasaran, serta biaya riset informasi,

  • Revenue Streams

Google Goggles dapat memperoleh pendapatan dari iklan yang masuk dan hasil penjualan aplikasi Google Goggles di gadget-gadget.

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s