Membuat Sebuah Business Model

Di mata kuliah Creativity and Innovation ini, saya juga diajari untuk mengimplementasika ide kreatif ke dalam sebuah bisnis. Ide kreatif ini dibuat dalam bentuk Business Model. Dengan adanya sebuah business model, sebuah bisnis pun dapat berjalan dan berkembang dengan kerangka yang kuat. Ya, business model adalah sebuah kerangka dari suatu bisnis. Pada kuliah saat itu, kami ditantang untuk membuat sebuah business model dari TV Station di bidang kuliner.  Isi dari business model itu sendiri terdiri dari :

  • Key Partner

Stasiun TV kuliner ini membutuhkan e-commerce untuk menunjukkan eksistensi diantara stasiun-stasiun TV lainnya. Multimedia berperan untuk membantu stasiun TV untuk membuat tayangan-tayangan dengan teknologi multimedia.Rights management juga dibutuhkan sebagai partner untuk menjaga hak paten dari stasiun tv itu sendiri.

  • Key Activities

Aktivitas-aktivitas bisnis yang dijalankan sendiri terbagi menjadi 2 aktifitas utama, yaitu mendesain program-program acara kuliner yang akan ditayangkan serta mengatur tayangan iklan yang akan tayang disela-sela program acara.

  • Key Resources

Sumber daya utama yang dibutuhkan oleh stasiun tv kuliner ini adalah : koki handal dan tim kreatif.  Koki-koki ini akan dibutuhkan sebagai sumber pengembangan informasi tentang kuliner di Indonesia. Sedangkan tim kreatif dibutuhkan untuk mengemas informas-informasi tersebut menjadi sebuah tayangan yang atraktif.

  • Offer

Produk yang ditawarkan oleh stasiun tv ini terbagi menjadi dua, yaitu untuk para penonton dan para pebisnis di bidang kuliner. Untuk para penonton tayangan-tayangan yang ditawarkan dalam stasiun tv kuliner ini adalah informasi-informasi kuliner seperti : resep, tips-tips memasak atau merawat peralatan masak, dll. Sedangkan untuk para perbisnis ,stasiun tv kuliner menyediakan jasa untuk memasang tayangan iklan.

  • Customer Relationship

Untuk menjaga hubungan dengan para penonton, stasiun tv kuliner juga akan mengadakan acara-acara yang berinteraksi langsung dengan penonton. Diantaranya adalah demo memasak, pameran kuliner, dan membuat sebuah komunitas pencinta memasak dan makanan.

  • Channels

Untuk mempromosikan stasiun tv kuliner ini dapat dilakukan dengan cara memasang iklan di media-media cetak kuliner dan wanita. Selain itu, dapat juga diadakan launching dari stasiun tv kuliner ini.

  • Customer Segment

Target pasar yang dituju oleh stasiun tv ini adalah : masyarakat Indonesia yang menyukai informasi tentang dunia kuliner serta para pebisnis di bidang kuliner.

  • Cost Structure

Biaya-biaya yang dibutuhkan dalam mengoperasikan stasiun tv ini terdiri dari : gaji pegawai, biaya operasional, dan biaya pemasaran.

  • Revenue Streams

Stasiun tv kuliner ini ditargetkan untuk memperoleh pendapatan dari jumlah tayangan iklan yang didapat.

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s